Jutsu-Jutsu Token (Kinjutsu) Ninja Saga
Jutsu Token atau Kinjutsu dalam Ninja Saga adalah jutsu-jutsu atau skill yang hanya bisa dibeli menggunakan token karena memiliki efek khusus yang tidak bisa didapatkan oleh skill-skill Gold biasa. Apa sih sebenarnya kelebihan jutsu-jutsu Token tersebut? Berikut daftar-daftar Jutsu Token yang ada di Ninja Saga sekarang :
KINJUTSU LEVEL 10
Semua Kinjutsu level 10 memiliki Cooldown dan penggunaan Chakra (CP) yang sama, yaitu 10 Cooldown dan 50 CP, kecuali WATER RENEWAL yang hanya memerlukan 10 CP. Berikut keterangan masing-masing Kinjutsu level 10 :
1) API = FIRE POWER
Efek = Meningkatkan jumlah Damage (jumlah kerusakan) semua serangan sebesar 40% selama 3 turn (3 giliran).
Skill ini meningkatkan jumlah damage serangan sebesar 40% selama 3 giliran, sangat cocok untuk tipe offensive seperti elemen api dan petir yang ingin meningkatkan jumlah kerusakan serangan mereka. Skill ini WAJIB untuk ninja elemen api yang damage-nya sangat besar.
2) PETIR = LIGHTNING CHARGE
Efek = Meningkatkan kesempatan Critical Strike (serangan kritis; 150%
dari damage normal) sebesar 40% selama 3 turn (3 kali).
Skill Lightning Charge ini sama halnya dengan Fire Power karena sama-sama berguna meningkatkan jumlah serangan. Cuma bedanya, Lightning Charge bersifat chance atau kesempatan, yaitu meningkatkan kesempatan Critical Strike sebesar 40%. Sedangkan Fire Power bersifat langsung tanpa harus memiliki chance. Untuk ninja ber-elemen Pure Thunder atau Petir Murni, Fire Power dan Lightning Charge, kedua skill ini efektif untuk digunakan, karena ninja elemen Pure Thunder sudah memiliki kesempatan Critical yang tinggi. Namun untuk Pure Fire, tidak disarankan untuk menggunakan Lightning Charge karena tidak efektif mengingat Pure Fire memiliki kesempatan Critical yang rendah. Jadi, API atau PETIR?? FIRE POWER atau LIGHTNING CHARGE?? Kedua-duanya punya kelebihan masing-masing....
-Tanpa critical chance yang tinggi sekalipun, FIRE POWER sudah efektif untuk digunakan meningkatkan serangan, efektif untuk digunakan semua elemen. Sedangkan LIGHTNING CHARGE tidak akan banyak berguna untuk ninja dengan critical chance rendah... skill ini tidak disarankan.
Tapi...
- Untuk pengguna elemen petir atau Pure Petir yang memiliki Critical Chance yang tinggi, terlebih pengguna talent Dark Eye, LIGHTNING CHARGE jelas lebih bagus daripada FIRE POWER. Karena sekali critical, damage-nya 150% damage normal, belum lagi dengan bonus critical strike yang didapat dari setiap point petir, sedangkan Fire Power cuma memberikan 140% damage normal. Tapi, Fire Power juga bisa digunakan untuk memperoleh damage yang lebih tinggi dan super-mengerikan lagi.
3) BUMI = GOLEM PROTECTION
Deskripsi : Membuat sebuah Golem tanah untuk melindungi diri dari segala serangan.
Efek = Mengurangi jumlah Damage (jumlah serangan) yang diterima sebesar 40% selama 3 turn (3 kali).
Skill ini mah kebalikannya Fire Power, mengurangi 40% damage yang diterima. Cocok untuk digunakan sebagai skill pertahanan. Terutama saat lawan menggunakan Fire Power, dan anda gunakan Golem Protection, maka buff Fire Power tidak berfungsi.
FIRE POWER + (-GOLEM PROTECTION) = FALLING LEAF ILLUSION
Sekali lagi, GP merupakan skill yang bagus dan akan lebih efektif jika digunakan melawan musuh ber-damage tinggi, walaupun tidak wajib tapi jangan ragu untuk mengambil skill ini jika punya banyak tambahan token.
4) AIR = WATER RENEWAL
Skill ini mah kebalikannya Fire Power, mengurangi 40% damage yang diterima. Cocok untuk digunakan sebagai skill pertahanan. Terutama saat lawan menggunakan Fire Power, dan anda gunakan Golem Protection, maka buff Fire Power tidak berfungsi.
FIRE POWER + (-GOLEM PROTECTION) = FALLING LEAF ILLUSION
Sekali lagi, GP merupakan skill yang bagus dan akan lebih efektif jika digunakan melawan musuh ber-damage tinggi, walaupun tidak wajib tapi jangan ragu untuk mengambil skill ini jika punya banyak tambahan token.
4) AIR = WATER RENEWAL
Efek = Meningkatkan jumlah Chakra Point (CP) sebesar 13% pada setiap turn (regenerasi) selama 3 turn (3 kali).
Menurut saya, dari semua skill token level 10, skill inilah yang paling jelek dan gak berguna. Sebaiknya gak usah dibeli... cuma mengembalikan CP sebesar 39% (3 x 13%)... hanya untuk 39% CP perlu menunggu 3 giliran... mendingan Charge, kan? 2 giliran sudah 50% CP bertambah. Apalagi pengguna talent Dark Eye Level 10 yang hanya perlu 1 kali Charge untuk mengembalikan 50% CP. Jadi, pada intinya, gak usah beli skill ini karena gak akan kepake'...
Menurut saya, dari semua skill token level 10, skill inilah yang paling jelek dan gak berguna. Sebaiknya gak usah dibeli... cuma mengembalikan CP sebesar 39% (3 x 13%)... hanya untuk 39% CP perlu menunggu 3 giliran... mendingan Charge, kan? 2 giliran sudah 50% CP bertambah. Apalagi pengguna talent Dark Eye Level 10 yang hanya perlu 1 kali Charge untuk mengembalikan 50% CP. Jadi, pada intinya, gak usah beli skill ini karena gak akan kepake'...
5) ANGIN = EVASION
Efek = Meningkatkan kesempatan Dodge (menghindar/mengelak) sebesar 40% selama 3 turn (3 kali).
Ini
adalah skill token favorit saya dan skill token yang pertama kali saya
beli sekaligus skill yang paling saya benci jika musuh di PvP memiliki
skill ini>>>
Meningkatkan dodge chance/rate sebesar 40% sudah cukup untuk membuat lawan hampir tidak dapat menyentuhmu....
KINJUTSU LEVEL 20
Berikut keterangan masing-masing Kinjutsu level 20 :
1) API = HELLFIRE
Cooldown : 10CP : 220
Damage : 231
Deskripsi : Serangan api yang menyebabkan efek Burn (terbakar)
Efek = Target terkena efek Burn sebesar 3% (HP target berkurang sebesar 3% pada setiap turn) selama 3 turn (3 kali).
Skill
Hellfire adalah skill yang wajib dipasang pengguna elemen api dalam
menghadapi World Boss atau musuh lain yang memiliki HP tinggi.
Pengurangan 9% HP (3% x 3) akan sangat membantu menghabisi World Boss
Hunting House dengan mudah. Berikut daftar-daftar skill, talent, pet dan
senjata yang memiliki efek Burning dari yang paling tinggi :
- 15% HP : (1.5% x 10) = Mirror of Passion - Eye of Mirror Lv. 10
- 9% HP : (3% x 3) = Hellfire
- 6% HP : (3% x 2) = Keiko, (2% x 3) = Tomaru (Emblem)
- 4% HP : (2% x 2) = Leiko, (2% x 2) = Lava Spirits - Explosive Lava Lv. 10 (30% chance)
- 3% HP : (1.5 % x 2) = Kagero (Emblem; 35% chance), (1% x 3) = Burning Yanki Sickle (World Boss; 60% chance)
2) PETIR = LIGHTNING FLASH
Cooldown : 10CP : 242
Damage : 210
Deskripsi : Serangan kilat petir yang menyebabkan efek Blind (buta)
Efek = Target terkena efek Blind sebesar 70 % (Akurasi/ketepatan target berkurang sebesar 70%) selama 2 turn (2 kali).
Blind, efek ini membuat akurasi musuh yang terkena blind berkurang, hampir sama seperti Evasion, cuma bedanya tidak seperti Evasion atau skill lain yang untuk diri sendiri, Blind berbeda. Jika teman diserang target yang terkena Blind, Dodge mereka juga akan meningkat atau serangan target tersebut meleset. Walaupun harus diingat kalau akurasi bukanlah lawannya dodge.
Skill ini sangat berguna dalam PvP, apalagi bagi ninja elemen angin yang ingin meningkatkan kesempatan dodge mereka. Saat skill Evasion dalam keadaan cooldown, anda dapat menggunakan Lightning Flash yang memiliki kegunaan yang hampir sama dengan Evasion, sayangnya walau jumlah akurasi yang dikurangi sangat tinggi (hampir 100%), ini hanya berlaku selama 2 turn (2 giliran).
3) BUMI = EARTH ABSORPTION
Cooldown : 10CP : 220
Damage : 189
Deskripsi : Serangan bumi yang mengurangi Chakra target
Efek = Menyerap CP (Chakra Point) target sebesar 15% selama 1 turn (1
kali), dan menambahkannya ke CP kita, sangat efektif untuk World Boss,
dimana CP-nya besar-besar.
Kalau
dipikir-pikir lagi, sebenarnya Earth Absorption gak berguna...
dibandingin skill lainnya... kalau beli skill ini, buang2 token aja,
bagus beli skill lain yang lebih bagus... efeknya cuma nyerap chakra
doang... nggak efektif dimanapun, kecuali World Boss yang CP-nya
gede2... tapi buat apa nyerap Chakra, mendingan Charge aja dan beli
skill Token lain. Jadi, pada intinya, gak usah beli skill ini karena gak
akan kepake'...
4) AIR = WATER BUNDLE
Cooldown : 10CP : 210
Damage : 168
Deskripsi : Serangan air yang me-restrict target
Efek = Target terkena efek Restriction (target tidak dapat menggunakan skill) selama 2 turn (2 kali).
Restriction
2 giliran... inilah yang membuat Water Bundle sangat berguna, tidak
seperti stun yang bisa di-resist dan nggak jelas berapa turn kenanya
(entah 3, 2, atau bahkan 1 turn), Water Bundle berbeda. Restriction
tidak bisa di-resist dan pasti kena 2 turn. Hanya dua musuh restriction
yaitu PURIFY dan DODGE!, sehingga skill ini akan benar-benar efektif
untuk melawan ninja non-Angin/Air. Water Bundle sendiri sebenarnya
adalah satu-satunya jurus yang memiliki efek Restriction. Sisanya adalah
Talent dan Pet seperti :
- Hidden Silhoutte : Extinguish (3 turn)
- Eye of Mirror : Mirror of Grace (3 turn)
- Dark Eye : Acupuncture Meridians Destruction (2 turn)
- Keiko : Toad Lick (1 turn)
- Suzu : SECRET : Ecstasy Transformation (1 turn)
5) ANGIN = BLADE OF WIND
Cooldown : 8CP : 176
Damage : 147
Deskripsi : Serangan angin yang menyebabkan efek Bleeding (pendarahan)
Efek = Target terkena efek Bleeding sebesar 25% (Damage/kerusakan
seluruh serangan meningkat sebesar 25%; 125% Damage normal) selama 3
turn (3 kali).
![]() |
Bleeding,
efek ini membuat damage meningkat jika menyerang musuh yang terkena
bleeding, tidak seperti Fire Power atau skill lain yang untuk diri
sendiri, Bleeding berbeda. Jika teman menyerang target yang terkena
Bleeding, damage mereka juga akan meningkat.
Skill
ini sebenarnya berguna untuk menambah damage serangan pengguna elemen
angin yang rendah sebesar 25%, tapi sekarang nampaknya efek dari skill
ini tidak TERLALU berguna lagi, karena ada skill (talent) bleeding lain
yang lebih bagus, yaitu Samurai: One Sword. Selain itu, masih ada banyak
skill yang lain yang bisa menambah jumlah serangan dengan jumlah yang
bahkan lebih besar. Berikut urutan skill-skill, talent dan pet yang
berguna menambah damage serangan dari yang paling tinggi :
- +80% = Eight Extremities - Extreme Mode Lv. 10 (hanya untuk taijutsu dan skill talent 8-EX; 3 turn)
- +75% = Hidden Among Rocks (1 turn)
- +50% = CRITICAL STRIKE! >>> Lightning Charge. Sebenarnya, untuk mendapatkan +50% damage tidak perlu menggunakan jutsu apapun karena setiap orang sudah memiliki 5% Chance Critical dari awal. Hanya saja, untuk meningkatkan kesempatan ini agar lebih efektif diperlukan Lightning Charge.
- +40% = Fire Power (3 turn) dan Deadly Performance - Samurai: One Sword Lv. 10 (3 turn)
- +30% = COMBUSTION >>> Status ini hanya bisa didapat dengan meng-invest minimal 1 point ke elemen api .
- +25% = Blade of Wind (3 turn)
- +20% = Rage of Yama (3 turn) dan Explosive Lava - Lava Shield Lv. 10 (3 turn hanya untuk elemen api dan tanah)
- +15% = Armor of Narukami (3 turn)
- +10% = Wind Edge Chop, Moon Cleave dan Wind Blade Extension (1 turn)
- +10% = Inokuchi - SECRET : Rock Death Spear (2 turn)
- +8% = Chiko - SECRET : Flight Sickle (2 turn) dan Angry Tiger Sword
- +7% = Leiko - Catalytic Matter (dengan pengorbanan 4% HP / 2% x 2 turn )
- +6.5% = Enchanted Katana Gyoubu
- +5% = Eriko - Courage Roar (2 turn), Raita - Military Lightning Roar (2 turn), Ichi no Katana dan Explosive Lava (skill pasif)
- +3% = Hiragi - Poem of Bird (3 turn)
- +2% = Abarenbo (50% chance) dan Mountain Haze
KINJUTSU LEVEL 30
Berikut keterangan masing-masing Kinjutsu level 30 :
1) API = FIRE ENERGY EXCITATION
Cooldown : 10CP : 240
Damage : -
Deskripsi : Menggunakan skill tanpa menggunakan Chakra (CP) selama 3 turn (3 kali)
Efek = Tidak bisa mengisi Chakra (Charge) selama 6 turn (6 kali).
Skill
ini cocok dipakai oleh elemen apapun dan untuk melawan elemen apapun,
namun lebih efektif dipakai oleh elemen non-air dan non-dark eye yang
memiliki CP rendah. Skill ini juga cocok dipakai pengguna elemen tipe
offensive dengan penggunaan CP yang besar, seperti Petir dan Api. Skill
ini sangat bagus untuk elemen Petir yang paling boros penggunaan CP.
Tapi ada efek samping tidak bisa Charge selama 6 turn atau 3 turn
berikutnya, tapi disinilah gunanya CHAKRA SCROLL yang selama ini saya
kira nggak guna... xD
2) PETIR = FLASH LIGHTNING BUNDLE
Cooldown : 10CP : 176
Damage : 341
Efek =
Mengurangi kesempatan menghindar rata-rata (Dodge rate) target sebesar
40% dan mengurangi Chakra (CP) target sebesar 8% setiap kali target
menyerang selama 3 turn (3 kali).
Kalau
dilihat dari keterangan diatas, skill ini KELIHATANNYA sangat berguna
untuk melawan ninja elemen angin yang memiliki dodge chance tinggi,
mengurangi dodge chance dan CP lawan, jurus ini benar-benar akan
merugikan pengguna elemen angin. TAPI, coba pikir2 lagi deh.... Apa FLB
benar2 efektif? Baca dialog dibawah...
PIKIR-PIKIR TENTANG "FLASH LIGHTNING BUNDLE"
Kalau dipikir2 lagi, FLB sebenarnya nggak efektif dan nggak guna, kenapa???
A
: Flash Lightning Bundle sebaiknya digunakan sebelum lawan menggunakan
Evasion atau Wind Peace-nya, karena walaupun kita coba serang, kalau
musuh sudah masang dua skill tersebut, Flash Lightning Bundle kita tetap
akan di-dodge.
B : JADI GIMANA NIH???
A
: Kita harus jalan lebih dulu agar bisa menggunakan Flash Lightning
Bundle lebih dulu sebelum musuh menggunakan buff peningkat dodge
chance-nya...
B : Nah lho, Wind User kan selalu jalan lebih dulu karena agility-nya tinggi, gimana bisa sempet nyerangnya??!!
A : ITULAH MASALAHNYA...
Kesimpulannya, jurus ini hanya seperti jurus penyerangan biasa lainnya...
3) BUMI = HIDDEN AMONG ROCKS
Cooldown : 10
CP : 75
Damage : -
Cooldown : 10
CP : 75
Damage : -
Efek =
Mengurangi jumlah kerusakan (Damage) yang diterima sebesar 100% pada
satu turn (satu kali) yang pertama, dan meningkatkan jumlah kerusakan
(Damage) serangan sebesar 75% (175% Damage normal) pada turn yang kedua
(satu kali).
Salah
satu skill terbaik elemen tanah lainnya adalah HAR (Hidden Among
Rocks)... jurus ini bagus untuk dipakai dimanapun, tapi lebih berguna
untuk PvP dan misi. Efek pertamanya adalah damage apapun yang menyerang
kita akan menjadi 0, dari efek pertamanya aja dah kelihatan bagusnya,
sayangnya cuma 1 turn doang... efek keduanya adalah menambah damage
serangan kita sebesar 75%, WOW... dari semua skill yang ada, HAR adalah
skill peningkat damage paling tinggi... yaitu 75%, hampir 100%!!!
Sayangnya, ini cuma 1 turn...
Kalau
dari semua talent, skill dan pet peningkat damage yang ada, HAR no.2,
sesudah Extreme Mode-nya 8-Extremities yang meningkatkan 80% damage.
4) AIR = PRISON COLLIDING WAVE
Cooldown : 10CP : 160
Damage : -
Efek = Target terkena stun, HP (darah) & CP (chakra) target berkurang sebesar 2% selama 2 turn (2 kali).
PCW
(Prison Colliding Wave) menurut saya adalah skill level 30 terbaik dan
juga salah satu skill bagus lainnya dari air. Cocok untuk segala hal,
PvP, World Boss ataupun misi. Walaupun stun, jika pake' PCW, stunnya
nggak pernah kurang dari 2, kalau kena, pasti stunnya 2 kali, nggak
pernah kurang, samalah hebatnya ama Water Bundle... selain itu, menurut
pengamatan saya selama ini, PCW tidak pernah di-resist World Boss.
Mengurangi CP & HP sebesar 4% (2% x 2), PCW juga efektif dalam World
Boss... fungsinya hampir sama seperti Hellfire, walau Hellfire masih
tetap nomor 1.
5) ANGIN = WIND PEACE
Cooldown : 10CP : 128
Damage : -
Efek = Meningkatkan kesempatan menghindar rata-rata (Dodge rate)
sebesar 20%, dan meningkatkan jumlah Chakra (CP) sebesar 8% pada setiap
turn selama 3 turn (3 kali), berlaku untuk seluruh anggota tim.
Wind
Peace, skill ini adalah kembarannya Evasion, sama-sama ningkatin dodge,
walau lebih kecil... hehe... cuma 20%, tapi skill ini juga menambah CP
sebesar 8% dan yang paling saya suka dari skill ini adalah : Efeknya
berlaku untuk seluruh anggota tim, sangat berguna kalau anggota tim lagi
sekarat
KINJUTSU LEVEL 40
Dari semua Kinjutsu, Kinjutsu level 40 bisa dibilang agak menarik dan
unik dibanding Kinjutsu lainnya, karena hampir semua Kinjutsu level 40
berbentuk monster atau mirip dewa masing-masing elemen tersebut, kecuali
Shield of Suiten. Berikut keterangan masing-masing Kinjutsu level 40 :
1) API = RAGE OF YAMA
Cooldown : 10CP : 100
Damage : -
Efek =
Meningkatkan jumlah kerusakan (Damage) serangan sebesar 20%, jumlah
kerusakan (Damage) lawan juga meningkat 20% tapi 100% jumlah kerusakan
(Damage) yang diterima dibalikkan ke musuh (Reactive Force) sebesar
selama 3 turn (3 kali).
Berwujud kepala monster berwajah menyeramkan dengan rambut api menyala-nyala yang bernama YAMA. Efeknya adalah Rage yang dapat meningkatkan damage 20%, sama seperti Fire Power walau lebih kecil... selain itu, defense/pertahanan kita juga akan berkurang 20% atau dapat dikatakan serangan yang mengenai kita juga bertambah 20%, TAPI>>>
YANG TERBAIK dari jurus ini adalah = 100% REACTIVE FORCE!!! Wow...
Walaupun damage musuh juga ikut meningkat 20%, tapi apa gunanya kalau semua serangan tersebut dibalikkan ke musuh seluruhnya (100%)??? Ini sama aja Damage = 0 dan musuh yang menyerang akan buang2 Chakra saja... tapi hati-hati dengan Pure Earth (Murni Tanah) yang jumlah HP-nya lebih banyak, walau Rage of Yama kita pakai, Pure Earth tidak akan ragu-ragu menyerang...
Pure Earth-lah satu-satunya kelemahan Rage of Yama
2) PETIR = ARMOR OF NARUKAMI
CP : 100
Damage : -
Efek =
Meningkatkan jumlah kerusakan (Damage) serangan, kesempatan melakukan
serangan kritis (Crirical Chance), dan akurasi (ketepatan) sebesar 15%
selama 3 turn (3 kali).
Berwujud monster perkasa berambut tajam yang diselimuti listrik bernama NARUKAMI. Efeknya adalah meningkatkan serangan, akurasi, dan kritikal sebesar 15%. Cuma 15% aja???
Ningkatin damage 15%>>> Bagusan Fire Power-lah... 40%
Ningkatin kritikal 15%>>> Bagusan Lightning Charge (LC)-lah... 40%
Ningkatin akurasi 15%... saya rasa cuma ini yang bagus...
Setelah
dipikir-pikir lagi, menurut saya, Armor of Narukami bukanlah prioritas
utama... boleh dibeli tapi saat punya banyak Token lebih... Armor of
Narukami akan baik digunakan sebagai pengganti Lightning Charge,
terutama saat LC dalam keadaan Cooldown... kalau LC gak Cooldown, ya
pake' LC aja...
3) BUMI = EMBRACE OF GOLEM
Cooldown : 10
CP : 100
Damage : -
Cooldown : 10
CP : 100
Damage : -
Efek =
Meningkatkan jumlah HP (darah) sebesar 5% setiap turn dan tidak akan
terpengaruh oleh status negatif apapun (Purify) selama 3 turn (3 kali).
Siapa yang nggak tahu GOLEM?
Tentu saja tahu, monster ini adalah jurus spesialis elemen tanah yang
tersedia dalam berbagai level dan bentuk seperti dalam jutsu Mud Golem,
Golem Protection, Mud Golem Fist, Embrace of Golem.
Efek
Embrace of Golem yang benar-benar hebat, yaitu Purify & menambah 5%
HP selama 3 turn membuat EoG (Embrace of Golem) menjadi Skill Token
Pertahanan Terbaik Nomor 3 Ninja Saga, menurut saya, sesudah EVASION
(No.1) dan SHIELD OF SUITEN (No.2).
Bagi
yang memiliki skill ini, WAJIB digunakan pada turn pertama PvP. Karena
biasanya, pada turn-turn pertama, musuh akan menggunakan jurus-jurus
disable seperti Restriction, Sleep, Barrier, Chaos, Stun, dll. Maka
dengan adanya EoG, anda akan terselamatkan dari efek-efek negatif
tersebut... selain itu, efek mengembalikan 15% HP (5% x 3) juga akan
sangat terasa efeknya pada Pure Earth (Murni Tanah) yang rata-rata
HP-nya besar...
4) AIR = SHIELD OF SUITEN
Cooldown : 10CP : 100
Damage : -
Efek =
Jumlah kerusakan (Damage) diterima melalui CP, dan tidak melalui HP
(Rasio : 1 CP = 2 HP). Berlaku selama 3 turn (3 kali).
Jurus
ini memang tak berwujud seperti monster melainkan hanya berwujud
gelembung yang menyelubungi penggunanya, mungkin memang seperti itu
bentuk asli-nya SUITEN.
Maksud
dari jurus ini adalah, HP kita tidak akan berkurang saat musuh
menyerang kita, atau dapat dikatakan Damage = 0. Walaupun begitu, Damage
serangan musuh tetap diterima melalui CP kita dengan rasio : 1 CP = 2
HP. Berikut saya berikan contoh situasinya :
Anda
menggunakan jurus Shield of Suiten. Dan saat musuh menyerang, akan
nampak tulisan angka 0 yang berarti HP anda tidak berkurang, dan ini
memang benar. Namun sebaliknya, CP anda mengalami penurunan dengan rasio
1/2 dari damage musuh. Jika pada normalnya, musuh memberikan damage
1000, tapi dalam situasi ini, HP anda sama sekali tidak berkurang namun
CP anda berkurang 500. Jika musuh memberikan damage 250, HP tidak
berkurang dan CP anda berkurang 125. Jika damage 414, HP tidak
berkurang, namun CP berkurang 212. Kalau damage 56, HP tidak berkurang,
namun CP berkurang 28, dan begitulah seterusnya. UDAH PAHAM, KAN??
Skill
ini lebih efektif dipakai oleh ninja dengan jumlah CP berlebih, yaitu
tentu saja pengguna elemen air dan Talent Dark Eye.
5) ANGIN = DANCE OF FUJIN
Cooldown : 10CP : 100
Damage : -
Efek = Mengurangi 4 turn cooldown seluruh jurus yang ada (Tidak termasuk jurus ini dan Talent).
Berwujud seperti monster hebat berambut keriting yang berwujud angin bernama FUJIN.
Efeknya
adalah Rapid Cooldown yang dapat mengurangi Cooldown semua jurus yang
ada (kecuali jurus ini sendiri, dan talent) sebesar 4 giliran. Kecepatan
angin dalam Agility, Cooldown Jurus dan Penggunaan CP dapat
dimaksimalkan dengan jurus ini.
Bahkan dengan Dance of Fujin...
1 Fire Power orang biasa = 2 Fire Power dengan Dance of Fujin
1 Evasion orang biasa = 2 Evasion dengan Dance of Fujin
1 Wind Peace orang biasa = 2 Wind Peace dengan Dance of Fujin
1 Lightning Flash orang biasa = 2 Lightning Flash dengan Dance of Fujin
1 Feather Illusion orang biasa = 2 Feather Illusion dengan Dance of Fujin
Hmmm.... gimana???
Dari
semua keterangan diatas, dapat disimpulkan urutan-urutan jurus-jurus
Token dari yang terbaik samapai yang terakhir berdasarkan ELEMEN-nya :
- AIR >>> PCW, WB dan SoS membuat Air menjadi elemen dengan skill Token terbaik karena efek -efek negatif dan pertahanannya, yang berguna baik dirinya sendiri ataupun anggota tim sehingga Pengguna Elemen Air selalu menjadi langganan Rekrutan melawan World Boss. dan jangan lupakan juga Refresh, walaupun Refresh bukan skill token...
- ANGIN >>> Evasion, Wind Peace, dan DoF. Dalam pertahanan mutlak, Angin adalah nomor satu tapi kalah dengan air karena efeknya hanya berguna untuk diri sendiri.
- TANAH>>> GP, HAR, dan EoG. Seimbang antara pertahanan dan penyerangan.
- API>>> FP, Hellfire, dan RoY. Tidak ada skill pertahanan di api, semua bersifat penyerangan, walaupun Rage of Yama agak menyudut ke Pertahanan.
- PETIR>>> LC, dan LF (Lightning Flash). Hanya ada 2 skill yang bagus disini. Satu penyerangan, satu pertahanan.
Waktu untuk mempelajari (Training Time)
semua skill-skill Token tersebut adalah Instant dan tidak perlu
menunggu waktu selama 3 jam, 6 jam, 12 jam, 24, jam, atau bahkan 36
jam, semua skill Token dapat dipelajari secara INSTAN.
Untuk masing-masing elemen,
setiap satu elemen memiliki 4 Kinjutsu, yaitu Kinjutsu Level 10, 20, 30,
dan 40 dengan harga semakin mahal setiap levelnya. Berikut Harga-harga
Kinjutsu Ninja Saga :
Level 10 : 200 Token
Level 20 : 300 Token, sebelumnya hanya 200 Token
Level 30 : 400 Token, sebelumnya hanya 300 Token
Level 40 : 500 Token, sebelumnya hanya 400 Token
Untuk mendapatkan semua 4 Kinjutsu Elemen ini, diperlukan 1400 Token
dan hal tersebut tentunya tidaklah mudah bagi para pemain yang
status-nya Free User, yang hanya mendapatkan Token dengan mengambil
share-an temen di Facebook, apalagi dengan semakin mahalnya harga
Kinjutsu Token level 20, 30, dan 40 mulai tanggal 10 Maret 2011 (sialan
nih Devs... huuft...). Tapi, bagi Premium User yang menggunakan Emblem,
hal tersebut tergolong mudah, karena pengguna Emblem biasanya memiliki
Token yang banyak, satu pengguna Emblem memiliki Token minimal 2000.
Kinjutsu Genjutsu
Selain Kinjutsu elemen, ada juga 3 Kinjutsu lain yang berupa Genjutsu, yaitu :
Cooldown : 14
CP : 85
Damage : -
Deskripsi : Ber-transformasi menjadi seorang gadis seksi dan men-stun target
Ini adalah genjutsu stunning khusus Premium User/Emblem User, sedangkan untuk Free User, bisa menggunakan Fat Woman Transformation yang memiliki efek stun selama 2 turn (2 kali).
2) FEATHER ILLUSION
Harga : 200 Token
Cooldown : 14
CP : 85
Damage : -
Deskripsi : Sebuah genjutsu yang menyebabkan efek Sleep (tertidur)
Selain Kinjutsu-Kinjutsu yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa Kinjutsu lain yang hanya bisa didapatkan dengan cara tertentu, bisa berupa Jutsu Clan Reward atau invite friend reward.
1) SEXY GIRL TRANSFORMATION
Harga : 100 TokenCooldown : 14
CP : 85
Damage : -
Deskripsi : Ber-transformasi menjadi seorang gadis seksi dan men-stun target
Efek = Stun target selama 3 turn (3 kali).
Ini adalah genjutsu stunning khusus Premium User/Emblem User, sedangkan untuk Free User, bisa menggunakan Fat Woman Transformation yang memiliki efek stun selama 2 turn (2 kali).
2) FEATHER ILLUSION
Cooldown : 14
CP : 85
Damage : -
Deskripsi : Sebuah genjutsu yang menyebabkan efek Sleep (tertidur)
Efek = Target terkena efek Sleep selama 3 turn (3 kali).
Berbeda dengan stun, restriction atau efek disable lainnya, efek sleep
akan hilang jika target diserang. atau terkena efek Burn. Karena sleep
artinya tertidur, jika target diserang, maka target akan terbangun, dan
efek sleep ini akan secara otomatis hilang. Efek sleep Feather Illusion
memiliki banyak manfaat dan WAJIB hukumnya untuk setiap elemen memiliki
Genjutsu ini...
Berikut kelebihan Feather Illusion (FI) :
- Berguna sebagai kesempatan mengisi darah (HP) dan chakra (CP) kembali selama 3 turn ; Charge, Refresh dan Healing Scroll
- FI adalah langkah terbaik untuk menghilangkan buff musuh, KECUALI Embrace of Golem, Water Renewal, Evasion dan Wind Peace. BYE Lightning Charge, BYE Armor of Narukami, BYE Shield of Suiten, BYE Fire Power, BYE Rage of Yama, dan Hidden Among Rocks juga... xD
- Sebagai penunda waktu pertarungan, sangat berguna untuk menunggu cooldown jurus terbaik anda.
- Untuk melakukan COMBO tanpa adanya gangguan.
- Untuk membuat serangan anggota tim anda lebih terarah pada satu target. Efektif untuk melawan musuh yang lebih dari satu, karena Pet dan anggota tim tidak akan menyerang musuh yang berada dalam status Sleep.
- Harga-nya murah (hanya 200 Token) namun cocok untuk seluruh kombinasi elemen.
- Purify Elemen Air atau Embrace of Golem.
- Buff Catalytic Matter Leiko.
- Status Burn dan Poison.
- Dodge Chance elemen Angin. FI bisa tidak kena...
3) FALLING LEAF ILLUSION
Harga : 400 Token
Cooldown : 14
CP : 275
Damage : -
Genjutsu ini digunakan untuk menghilangkan efek
Buff musuh. Yang dimaksud dengan buff disini adalah efek-efek positif
yang dilakukan oleh musuh. Sebagai contoh, jika musuh menggunakan
Kinjutsu Fire Power, lalu kita gunakan Falling Leaf, maka efek Fire
Power untuk meningkatkan 40% damage serangan hilang dan tidak berfungsi.
Begitu juga untuk jutsu buff lainnya, seperti Evasion, Lightning
Charge, Armor of Narukami, Hidden Among Rocks, dll. Efek-efek tersebut
akan hilang dan tidak berfungsi saat kita gunakan Falling Leaf.Harga : 400 Token
Cooldown : 14
CP : 275
Damage : -
Selain Kinjutsu-Kinjutsu yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa Kinjutsu lain yang hanya bisa didapatkan dengan cara tertentu, bisa berupa Jutsu Clan Reward atau invite friend reward.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentar ya